Tugas softskill 1- Definisi Sistem Informasi Psikologi


Nama Anggota:

Ablina Pratianingrum (10514081)
Annisa Kurnia P (11514376)
Devy Rahmawati (12514859)
Gaby Zanasai O (14514416)

kelas:

4PA16

Dosen : Ira Puspitawati


A. DEFINISI SISTEM
Menurut Gaol (2008) sistem adalah hubungan satu unit dengan unit lainnya yang saling berhubungan satu sama lainnya dan yang tidak dapat dipisahkan serta menuju satu kesatuan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Sistem adalah sekelompok bagian-bagian yang menyatu secara kompleks dan rapi untuk melakukan kegiatan guna mencapai tujuan tertentu. Terdapat beberapa elemen dalam system yaitu input, proses, output.

B. DEFINISI INFORMASI
Menurut Jogiyanto (2005) informasi adalah hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya, yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang berguna untuk para pengambil keputusan.
Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis.

C. DEFINISI PSIKOLOGI
Menurut Muhibbinsyah (2001) psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk, berjalan dan lain sebagainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia beserta dengan proses mentalnya dan hal ini adalah yang dijadikan sebagai objeknya adalah pastinya manusia.

D. SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI
Dari penjelsan mengenai pengertian sistem, informasi dan psikologi, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi psikologi adalah sistem yang menyediakan informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi yang dapat dijadikan untuk meningkatkan pengguna dalam pengambilan suatu keputusan terhadap penelitian, perencana, dan pengelolaan.






DAFTAR PUSTAKA


Gaol, J.L. (2008). Sistem informasi manajemen. Jakarta : PT Gramedia.

Jogiyanto. (2005). Analisis dan desain sistem informasi.Yogyakarta : Penerbit Andi.
Muhibbinsyah. (2001). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Comments

Popular posts from this blog

Leon Festinger Biography

Belajar dan Mengajar Kreatif

Pembelajaran Anak Berbakat