ISD sebagai salah satu MKDU
Nama :
Ablina Pratianingrum
Kelas :
1PA15
NPM :
10514081
Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar
Pertemuan ke-1
1.1.
Pengertian dan Tujuan
ISD dan IPS
A.
Pengertian dan tujuan ISD
Ilmu social
dasar ( ISD ) adalah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah – masalah social
yang timbul dan berkembang, khususnya yang diwujudkan oleh warga Indonesia
dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal
dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social.
pengetahuan yg menelaah masalah2 sosial, khususnya masalah – masalah yg
diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori – teori yg
berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu
sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik,
Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah)
Tujuan ISD:
·
Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan
maslah-masalah sosial yang ada di dalam masyarakat.
·
Peka
terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha
menanggulanginya.
·
Menyadari setiap masalh sosial
yang timbul dala masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya
mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
·
Memahami jalan pikiran para ahli
dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam
rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
B. Pengertian dan Tujuan IPS
Ilmu pengetahuan sosial (IPS) adalah
sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan
dengan manusia dan lingkungan sosialnya.
Tujuan IPS
·
Membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna
dalam kehidupan masyarakat.
·
Membekali peserta didik dengan kemampuan mengidentifikasi,
menganalisis, dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi
dalam kehidupan di masyarakat.
·
Membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan
sesama warga masyarakat dan dengan berbagai bidang keilmuan serta berbagai
keahlian.
·
Membekali peserta didik dengan kesadaran, sikap mental yang
positif, dan hidup yang menjadi bagian kehidupannya yang tidak terpisahkan.
·
Membekali peserta didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan
dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembangan kehidupan, perkembanganilmu dan
teknologi.
Ilmu pendidikan
dibagi dalam 3 kelompok besar :
1. Ilmu
pengetahuan alamiah (Natural
Sciences)
yaitu suatu ilmu yang bertujuan untuk mempelajari alam semesta dari yang terbesar sampai yang terkecil dengan berbagai analisis dari hukum atau rumus yang ditemukan.Dari analisa inilah akan dibuat prediksi. meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
yaitu suatu ilmu yang bertujuan untuk mempelajari alam semesta dari yang terbesar sampai yang terkecil dengan berbagai analisis dari hukum atau rumus yang ditemukan.Dari analisa inilah akan dibuat prediksi. meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
2. ilmu
pengetahuan social (Sosial
Sciences)
yaitu suatu ilmu yang mempelajari kehidupan sosial dalam sebuah masyarakat dan konfliknya. meliputi : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi dan lain-lain.
yaitu suatu ilmu yang mempelajari kehidupan sosial dalam sebuah masyarakat dan konfliknya. meliputi : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi dan lain-lain.
3. Pengetahuan
budaya (Humanities)
ilmu yang mempelajari suatu budaya masyarakat yang berkembang saat ini dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat. meliputi : Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain.
ilmu yang mempelajari suatu budaya masyarakat yang berkembang saat ini dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat. meliputi : Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain.
1.2.
Hubungan ISD dengan IPS
Ilmu Sosial
Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan
dan perbedaan.
Adapun persamaan antara keduanya adalah :
1. Kedua-duanya
merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
2. Keduanya
bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
3. Keduanya mempunyai materi yang terdiri
dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Adapun perbedaan antara keduanya adalah :
1.
Ilmu
Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial
diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
2.
Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah
tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata
pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
3.
Ilmu
Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu
Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan
intelektual.
1.3.
Ruang Lingkup ISD
1.
konsep
sosial atau pengertian tentang kenyataan sosial dibatasi oleh konsep dasar yang
sangat diperlukan untuk mempelajari masalah tersebut.
2.
kenyataan
sosial yang ad pada masyarakat karena mempunyai latar belakang dan sudut
pandangnya.
3.
masalah
yang timbul terkait oleh yang satu dengan yang lain.
Source:
Comments
Post a Comment